Pages

Pages

Selasa, 02 Juli 2013

TUGAS KEWIRAUSAHAAN (7 ASPEK KELAYAKAN USAHA - AYAM BAKAR WONG SOLO))

NAMA  : EFINAWAWI ANASTASIA
KELAS : 2DA01
NPM     : 48211497

7 Aspek Kelayakan Usaha

  1. Aspek pasar dan pemasaran adalah rencana pemasaran output yang dihasilkan oleh proyek dan rencana penyediaan input
2. Aspek teknis adalah aspek teknis yang dibuat dengan jelas agar teknisnya dapat dianalisis secara tepat
3. Aspek keuangan adalah aspek yang tujuannya menghasilkan benefit dan profit
4. Aspek institutional, organisasional, manajerial
5.Aspek lingkungan
6. Aspek legalitas yaitu aspek yang tidak bertentangan dengan kebijakan pemerintah dan hukum
7.Aspek social dan ekonomi yaitu aspek yang digunakan dalam proyek besar yang direncanakan dalam hal ekonomi

TUGAS KEWIRAUSAHAAN (13 PERTANYAAN SUKSES WIRAUSAHA)


13 PERTANYAAN TENTANG AYAM BAKAR WONG SOLO Pertanyaan :

  1. Kapan ia mulai usaha? Dimana ? apakah dengan usaha yang sama?
  2. Apakah ia mengembangkan usahanya sebagai usaha mandiri?
  3. Sumber modal awal usahanya adalah? Dana sendiri atau dari luar?
  4. Dimana dia pada saat awal memasarkan produknya?
  5. Apakah dengan produk yang sama ?
  6. Siapa pemilik usaha tersebut pada awal dan pada saat sekarang?
  7. Apa bentuk kepemilikannya?
  8. Berapa tenaga kerja pada saat awal dan saat sekarang?
  9. Apakah ada system  manajemen tertentu pada saat sekarang?
  10. Apakah ada orang yang ditunjukan sebagai ketua sebagai ketua atau coordinator dalam kegiatan usaha? Bagaimana cara penunjukan ketua atau coordinator tersebut?
  11. Apakah ada prestasi yang dicapai dari usaha tersebut?
  12. Menurut anda apakah usaha tersebut sukses menggunakan 7 aspek kelayakan usaha?
  13. Apakah usaha tersebut dapat bertahan lama dan berkembang? Jelaskan!

Senin, 01 Juli 2013

Tugas Kewirausahaan Analisis dari Pedagang Sukses

TUGAS KEWIRAUSAHAAN
ANALISIS DARI PEDAGANG SURABI HOT



 


NAMA            : Efinawawi Anastasia
KELAS           : 2DA01
  NPM             : 48211497


BAB I
                                              PENDAHULUAN                                
1.1  LATAR BELAKANG
 
Makanan ringan atau cemilan merupakan makanan yang dimaksudkan untuk menghilangkan rasa lapar seseorang sementara waktu. Salah satu makanan ringan yang banyak digemari masyarakat adalah kue serabi. Kue serabi merupakan adonan tepung dan telor, gula, santan, yang diolah kemudian dijadikan dengan kue serabi terus dimasak. Karena pengolahannya yang sederhana dan tidak memakan waktu lama, Bisnis makanan ringan kue serabi ini cukup diminati oleh para pemburu bisnis contohnya seperti di deket rumah saya yaitu Surabi Hot
Surabi Hot adalah konsep kedai yang akan dirancang minimalis, sederhana, unik yang pasti manarik. Kedai yang lebih modern, fasilitas yang nyaman, dan varian rasa yang lebih banyak. Kedai ini memberikan inovasi baru yaitu selain menawarkan surabi dengan berbagai rasa dengan tempat yang di fasilitasi WIFI.
Surabi Hot menawarkan beraneka ragam rasa yang patut untuk dicoba. Dalam kedai ini tidak hanya menawarkan variasi rasa dari surabi tetapi masih banyak kejutan menu lainnya yang akan disajikan. Surabi hot tidak hanya menjadi tempat makan saja, untuk tempat nongkrong anak muda pun bisa, karena surabi hot dilengkapi oleh fasilitas wifi, jadi kita bisa sepuasnya mempergunakan internet gratis.
Surabi hot  merupakan kedai yang dibuat guna melestarikan makanan khas sunda serta membuat inovasi baru yang menarik dengan memodifikasi tambahan menu yaitu menu modern. Banyak modifikasi yang dibuat menurut rasanya yang di buat beraneka ragam untuk membuat para pelangganya tidak merasakan bosan. Cita rasa originalnya pun  wajib dijaga dan dilestarikan.
Peluang membuka kedai surabi menjadi tantangan yang kompetitif dan berkesinambunangan. Semua kalangan bisa mencicipi makan khas ini dengan suasana kedai yang nyaman karena terdapat WIFI dan kelezatan surabi panas yang lezat. Surabi Hot ini dapat dikunjungi di Jl. Lapangan Tembak No. 9 B , Cibubur - Jakarta Timur DKI Jakarta, DKI Jakarta.
 
 
 
 
1.2  TUJUAN MAKALAH
Tujuan makalah ini dibuat adalah untuk mengetahui aspek aspek penting berwirausaha dengan menganalisis usaha yang ada disekitar rumah kita seperti yang saya ambil contoh Surabi Hot.
 
1.3  MANFAAT MAKALAH
Manfaat makalah ini untuk penulis adalah mengetahui bagaimana hal penting dalam berwirausaha dan 9 aspek aspek wirausaha dalam usaha “Surabi Hot”
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
BAB II
PERMASALAHAN
 
2.1          Apa konsep Usaha “Surabi Hot” ?
2.2          Bagaimana pembiayaannya ?
2.3          Bagaimana Pemasarannya?
2.4          Siapakah kepemilikannya ?
2.5          SDM
2.6          Organisasi
2.7          Kepemimpinan
2.8          Evaluasi Usaha
2.9          Pengembangan usaha
2.10       Analisis keberhasilan
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
BAB III
Pembahasan Masalah
3.1          Konsep “Surabi Hot”
Surabi hot memiliki konsep tempat makan dan nongkrong anak muda yang berkawasan di daerah cibubur yang bisa diakses siapapun. Surabi Hot yang memodifikasi rasa dari surabi itu sendiri yang beraneka ragam. Ada rasa coklat, keju, kacang, es krim, pedas dilapisi daging dan berbagai macam cita rasa lainnya, Surabi Hot di desain sangat nyaman, mulai dari dalam ruangan yang terbagi menjadi 2, di lantai 1 berfasilitaskan AC dan di lantai 2 untuk area smoking, tempat duduknya yang di buat nyaman karena ada yang berisi sofa biasanya digunakan bagi pelanggan yang menggunakan Laptop, dan tempat duduk yang unik dan meja yang besar cocok untuk berkumpul bersama teman dan keluarga. Surabi Hot juga menawarkan fasilitas WIFI gratis.
 
3.2          Pembiayaan
Surabi:
·         Surabi original                          :Rp.3000
·         Surabi cokelat                          :Rp.6500
·         Surabi cokelat keju                   :Rp.7.000
·         Surabi coklat kacang keju          :Rp.8.000
·         Surabi durian                            :Rp.8.500
·         Surabi oncom                            :Rp.5.000
·         Surabi Nangka                          :Rp.6.000
·         Surabi  Pisang                           :Rp.5.000
·         Surabi sosis                              :Rp.7.000
·         Surabi keju                               :Rp.8.000
·         Surabi  strawberry                            :Rp.7.000
·         Surabi oncom telur                    :Rp.6.500
·         Surabi susu                               :Rp.8.000
·         Surabi ayam telur special          :Rp.7.500
·         Surabi pandan                           :Rp.6.500
·         Surabi kacang                           :Rp.6.000
3.3          Pemasaran
Promosi usaha surabi antara lain membuat spanduk dengan desain menarik di tempat usaha. Melengkapi spanduk dengan gambar surabi serta menyebarkan juga brosur ke sekitar kedai di awal usaha. Tidak kalah penting memasarkan surabi lewat jejaring sosial karena jejaring sosial merupakan salah satu fasilitas dimana kalangan muda saat ini selalu update dengan fasilitas yang satu itu. Dengan metode seperti itu akan menambah manfaat ganda selain bisa memasarkan kedai secara praktis, bisa juga menarik pelanggan yang ingin memesan surabi kami.
3.4          Kepemilikan
3.5          SDM
Tenaga kerja yang bekerja di Surabi Hot adalah 2 pegawai sebagai koki yang membuat surabi, 1 pegawai sebagai pengantar makanan kepada pelanggan dan juga membersihkan meja yang kotor, dan 1 pegawai sebagai kasir. Jadi, jumlah pegawai seluruhnya ada 4 pegawai
3.6          Organisasi
3.7          Kepemimpinan
3.8          Evaluasi Usaha
3.9          Pengembangan Usaha
 
BAB  IV
SARAN, KESIMPULAN, dan SUMBER
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
KATA PENGANTAR

Senin, 24 Juni 2013

Laporan Keuangan Miss kepo Periode Mei 2013

LAPORAN USAHA
“Miss Kepo Cemilan”
Laporan ke IIIIII
Periode : Mei 2013




Kelompok : IV
Anggota :
-       Efinawawi Anastasia     48211497
-       Diah Hapsari                   42211011
-       Busmaniar                      48211974 
-       Elyana Agustina            42211402
-       M. Lugy Lantogi           44211901

Kelas : 2DA01
Pusat Bisnis & Kewirausahaan
Program Diploma III Bisnis & Kewirausahaan
Universitas Gunadarma
                                                               
2.1. Produk
Usaha ini merupakan bisnis kuliner, karena disini kami hanya menjual sebuah cemilan.    Kami memilih usaha ini karena bahan baku  mudah di dapat, selain itu makanan ini juga cukup sangat di minati oleh semua kalangan.
 Produk kami adalah makanan sederhana yang bernama kepo cemilan , bahan baku yang digunakan dalam pembuatan makanan ini berasal dari singkong, pangsit dan makaroni serta dicampur dengan bumbu-bumbu lainnya. Kami menawarkan cemilan dengan rasa yang berbeda beda dan rasa yang sangat lezat. Harga yang kami tawarkan juga cukup terjangkau yaitu 2M “Murah Meriah” hanya Rp 2.500. Modal awal pada usaha kami adalah sebesar Rp  400.000,-
Kami berusaha untuk menjadi produsen cemilan yang berkualitas dengan harga yang terjangkau. Maka dengan itu kami menerapkan metode 3M yaitu “Membuat, Melayani, dan Memaksimalkan” .
            Ngemil adalah kebiasaan kebanyakan orang ketika santai di rumah di sore atau khususnya malam hari sambil nonton tv atau sambil bercengkrama bersama keluarga. Berbagai macam jenis camilan yang sering di konsumsi mulai dari, makanan kering, camilan buah, dan juga keripik dengan berbagai rasa sesuai selera seperti manis, asin atau pedas. Mulai anak-anak hingga orang tua semua menyenangi camilan dengan minuman tertentu seperti kopi, teh, susu dan sebagainya.
            Melihat begitu banyaknya peminat orang mengonsumsi camilan membuatPeluang Usaha Bisnis Camilan mempunyai prospek pasar yang bagus untuk di tekuni. Berbagai macam jenis usaha camilan yang sering di kembangkan mulai dari memproduksi camilan sendiri sampai pemasarannya atau mengemas ulang dengan memberi label khusus dan pemasarnnya juga.
Bagi pengusaha camilan yang sudah berpengalaman umumnya memproduksi sendiri produk camilan mulai bahan mentahnya hingga pemasarannya namun bagi pemula kebanyakan memilih pengemasan ulang dengan memberi label khusus sebab lebih praktis dan tidak terbebani biaya produksi. Pengusaha camilan pengemasan ulang biasanya membeli camilan dengan jumlah yang besar kemudian di kemas sendiri kecil-kecil sambil di beri label sendiri sehingga sekilas tampak seperti produsen asli produk camilan yang telah mereka beli.
            Bahan-bahan yang di butuhkan untuk membuat kripik ini adalah sebagai berikut :
  1. Singkong
  2. Pangsit
  3. Makaroni
  4. Minyak Goreng
  5. Bumbu Original
  6. Bumbu Pedas dan bumbu berbagai rasa
            Langkah – langkah pembuatan cemilan :
  1. Beli singkong yang masih fresh  dan  Makaroni  dalam kemasan .
  2. Setelah proses pengirisan selesai cuci singkong hingga bersih (singkong jangan diiris terlalu tipis).
  3. Lalu rendam singkong dengan air panas.
  4. Campurkan soda kue dalam air rendaman (1sdt/1liter air).
  5. Diamkan air hingga dingin.
  6. Bilas singkong dan tiriskan.
  7. Goreng dengan api sedang.
  8. Tiriskan lalu diamkan hingga dingin.
  9. Tambahkan Bumbu pedas,keju,jagung manis,barbeque
  10. Tumis bumbu yg sudah disiapkan.
  11. Setelah bumbu kering matikan/kecilkan api lalu masukan kripik dan campur rata.
  12. Setelah bumbu tercampur rata,tiriskan dan diamkan hingga dingin.
2.2. Persediaan
  2.2.1. Laporan Persediaan Awal Barang  Dagangan
           
Laporan Persediaan Awal Produk per 1 April 2013
 
No
Item Persediaan
Jumlah
Harga satuan
Harga Beli
 
1
Keripik singkong ukuran kecil
160 pcs
 Rp 850
Rp     136.000              
 

 

 
              


Total Persediaan


          Rp. 136.000                 








      
 
Ket : 1. Laporan Persediaan Awal Produk merupakan laporan barang /produk sebelum terjadi penjualan.
 
2. Produk yang berbeda jenis, merek dan harga harus dirinci seperti contoh   pada tabel diatas.


2.2.2. Laporan Penjualan Barang Dagangan
Laporan Penjualan Bulan April 2013
Bulan
No
Item persediaan
Jumlah
Harga Jual/Unit
Harga Jual

1
Keripik Singkong Ukuran kecil
160 pcs
Rp 1.500
Rp 240.000
Total Penjualan
Rp 240.000


2.3. Pemasaran
            Usaha pemasaran yang telah dilakukan selama periode laporan, meliputi memperkenalkan produk di sekeliling wilayah sekitar rumah kita ataupun di daerah kampus. Selain itu kita pun membuat logo untuk meperkenalkan perusahan kita. Kami pun  memberikan nomer pin atau nomer hape di bawah logo untuk mempermudah mgorder kembali produk yang kita jual.

2.4. Kendala
            Perusahaan kami mendapat kendala di bidang pemasaran dan pada bidang promosi barang kepada masyarakat di kampus gunadarma. Kami juga mendapat kendala di variasi makanan yang akan kami jual dan sangat sulit mencari laba yang besar.

2.5. Aliran Kas
            Merupakan laporan kuantitatif arus kas masuk dan keluar, format laporan sesuai format laporan yang telah diberikan sebelumnya, beberapa hal yang perlu ditekankan dalam laporan aliran kas :
  1. Susunan laporan dimulai dari Laporan Arus Kas, Aliran Kas Bulanan, Aliran Kas Harian dan terakhir Catatan Pembantu : Piutang-Hutang (jika ada)
  2. Laporan Arus Kas harus terdiri dari Aliran Kas dari aktivitas Operasi, Pendanaan dan Investasi (jika ada investasi), jika tidak ada aliran kas dari aktivitas investasi maka tidak perlu dituliskan aliran kas dari aktivitas investasi.

2.6Laporan Laba Rugi dan Bagi Hasil
            Berisi laporan laba/rugi yang dilengkapi dengan rincian pembagian keuntungan setiap kelompok dengan pengelola dana bergulir.

Laporan Laba Rugi
PT. Miss Kepo Cemilan
Per 31 Mei 2013

      

Pendapatan
    


Pendapatan Tunai
 
 Rp  240.000
 


Pendapatan Piutang Usaha
 Rp               -
 


 
Total Pendapatan
   
 Rp  240.000

      

Biaya Operasional :
   


Biaya bahan baku
 
 Rp  136.000
 


Pengembalian dana Bergulir
 Rp    67.000
 


Biaya Administrasi
 
 Rp     8.000
 


Biaya cetak laporan
 
 Rp      5.000
 


 
Total Biaya Operasi
   
 Rp   216.000
Laba/Rugi (+/-)
    
 Rp  24.000
Bagi Hasil
    


PT. Miss Kepo (75%)
 
 Rp  18.000
 


Gunadarma     (25%)

 Rp    6.000



2.7.     Laporan Perubahan Modal
Laporan Perubahan Modal
 PT. Miss Kepo Cemilan
 Per 31 Mei 2013

    

 Modal awal
 Rp        677.500

 Laba/Rugi
 Rp  18.000
 


 Prive
 
 Rp               -
 


    
Rp 18.000
 Modal akhir



 Rp        695.500





2.8.     Laporan Neraca
Neraca
PT. Miss Kepo Cemilan
Per 31 Mei 2013
       
AKTIVA
PASIVA
Aktiva Lancar :

Utang :


Kas
 Rp     695.500
Utang Ke Gunadarma
 Rp  65.000
Piutang
 Rp                  -

  

Persediaan
 Rp                  -

  


Total Aktiva Lancar
 Rp     695.500

 Total Utang 
 Rp  65.000

  

  

Aktiva Tetap :
 
 Modal :
 

Peralatan
 Rp                  -
 Modal Anggota  
 Rp  612.500
Perlengkapan
 Rp                  -
 Laba
 
 Rp    18.000

Total Aktiva Tetap
 Rp     

 Total Modal
 Rp  630.500
TOTAL AKTIVA :
 Rp     695.500
 TOTAL PASIVA : 
 Rp  695.500
             

2.9.Laporan Arus Kas

Laporan Arus Kas
PT. Miss Kepo Cemilan
Per 31 Mei 2013
        
KETERANGAN
 JUMLAH
 JUMLAH
Aliran Kas dari Aktivitas Operasi
 


Aliran kas Masuk
  


 
Penerimaan penjualan Tunai
 Rp           240.000


 
Penerimaan Piutang Usaha
 Rp                        -


  
Jumlah
   
 Rp           240.000

Aliran Kas Keluar
  


 
Biaya bahan baku
 
 Rp              136.000


 
Biaya Cetak
 
 Rp               5.000


  
Jumlah
   
 Rp             141.000

Aliran kas bersih dari Aktivitas Operasi
 
 Rp               99.000
Aliran Kas dari Aktivitas Pendanaan
 


Aliran Kas masuk
  


 
Modal dari Gunadarma Rp  65.000
Modal anggota              Rp 612.500
 



  
Jumlah                                                              
  
       
Rp 677.500

Aliran Kas Keluar
  


 
Pengembalian ke Gunadarma
 Rp            67.000


 
Laba yang dibagikan ke Gunadarma
 Rp               6.000


 
Biaya administrasi
 
 Rp               8.000


  
Jumlah
   
 Rp            81.000  

Aliran  Kas Bersih dari aktivitas Pendanaan
 Rp              596.500
Kenaikan Bersih Kas selama Periode Mei
 Rp              695.500
Saldo Akhir Kas 31  Mei 2013

 Rp           695.500

Mengenai Saya

Pengikut