Pages

Pages

Sabtu, 02 April 2016

Tugas Softskill Akuntansi International

TUGAS SOFTSKILL AKUNTANSI INTERNASIONAL
MEREVIEW JURNAL

Nama            : Sada Arih Tarigan / 2B215102
                        Efinawawi Anastasia / 2B215088
 


PENULIS
PENERBIT
JUDUL
METODE
HASIL
KESIMPULAN
I Made Narsa

Procedia Economics and Finance
Struktur Meta Teori Akuntansi Keuangan(Sebuah Telaah dan Perbandingan antara FASB dan IASC)

Metode analisis  :  Jenis penelitian yang digunakan adalah Membandingkan rerangka dasar yang diatur dalam FASB dan IASC dan kemudian menganalisa
Hasil analisis dari jurnal ini menunjukkan bahwa FASB dan IASC dalam menyusun standar sama-sama berbasis pada meta teori akuntansi keuangan, yang menempatkan tujuan pelaporan pada tingkat paling tinggi. Rerangka konseptual FASB merupakan dasar teoritis pengembangan standar akuntansi di Amerika Serikat, sehingga memasukkan konteks lingkungan. Tetapi rerangka konseptual IASC yang menjadi landasan teoritis pengembangan standar akuntansi keuangan internasional, konteks lingkungan menjadi tidak relevan.

Terdapat beberapa perbedaan antara kedua rerangka konseptual tersebut, yaitu pertama pernyataan tujuan, dimana FASB menyatakan tujuan pelaporan keuangan, sementara IASC menyatakan tujuan laporan keuangan. Kedua, fokus utama pelaporan menurut FASB adalah investor dan kreditor, sementara IASC tidak fokus pada salah satu kelompok tertentu. Ketiga, Asumsi dasar dan konsep modal dan konsep pemeliharaan modal, secara eksplisit dinyatakan terpisah oleh IASC, sementara FASB menggunakan konsep-konsep tersebut pada setiap konsep yang diajukan sebagai penjelasan, argumen, dan penalaran. Penerapan IFRS ternyata mengalami hambatan yang sangat serius, karena banyak sekali terdapat perbedaan antar negara-negara anggota, baik dalam konteks sosial budaya, hukum, ekonomi, politik, pendidikan, sistem pemerintahan, sistem pajak, dan lain sebagainya. IASC harus mengupayakan pengakuan dariInternational Organization of Securities Commissions,supaya perusahaan-perusahaan yang melakukan cross-border listingmenggunakan IFRS. Hal ini dapat mendorong perusahaan-perusahaan multinasional untuk melakukanlisting di mancanegara. Hal lain yang dapat dilakukan IASC adalah melakukan restrukturisasi badan penyusun standar untuk mendorong kemandirian baik dari segi dana maupun operasinal.
 

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Pengikut